Selasa, 05 Januari 2016

Tips Mengatur Budget Liburan Hemat ke Singapura





Sebelum menyusun budget, pastikan kamu tidak melewatkan poin-poin di bawah ini:

1.   Siapkan paspor jauh-jauh hari. Pastikan masa berlaku paspormu kurang dari 6 bulan sebelum expired. Jangan sampe lupa lohya, udah beli tiket pesawatnya tapi gak jadi berangkat gara-gara lupa bawa paspor. :D Tak perlu ngurus visa juga, yang penting paspor dan KTP selalu dibawa ketika melewati bilik imigrasi.

2.  Booking tiket pesawat jauh-jauh hari juga. Biasanya promo LCC (Low Cost Carrier) dari banyak maskapai disediakan jauh-jauh hari. Tarifnya bisa jadi jauh lebih murah dari non promo. Jika masa promo, Jakarta-Singapore hanya @66 ribu per orang!

3.   Booking hotel online; tersedia banyak pilihan dan kamu bisa memilih-milih hostel yang sesuai dengan keinginan dan budgetmu. Contoh booking cek di sini.

4.   Tentukan itinerary atau rencana perjalananmu. Misalnya kamu hanya sehari di Singapura; bandara-marina bay-merlion park-masjid sultan-Bugis Street-China Town-Kalau masih sempat Universal Studios-balik ke bandara. Biasanya untuk mampir ke Universal Studios Singapore yang luas butuh waktu seharian untuk benar-benar menikmati dan mengeksplore wahana yang ditawarkan.

5.   Berhemat dengan memotong budget makan. Makanan porsi besar dan murah tersedia di gerai subway (hampir setiap stasiun MRT ada), atau di gerai 7 Eleven. Satu porsi nasi goreng ayam di gerai ini bisa dijangkau hanya dengan SGD 2 atau Rp.20.000

6.   Beli STP (Singapore Tourist Pass), adalah kartu elektronik unlimited untuk menaiki seluruh fasilitas transportasi publik Singapura. Tarif STP untuk satu hari/24 jam SGD 20 dan tarif dua hari sebesar SGD masing-masing dengan refund $10 singapore.

7.   Bawa botol Tupperware kosong (duh, iklan!). Air keran di Singapura drinkable alias bisa langsung diminum. Jadi bisa berhemat di air minum juga…

8.   Try to travel alone. Belajar bepergian sendiri selain menghemat budget, juga membuat kita bertambah percaya diri dan semakin mandiri.

List budget liburan ke Singapura-mu dengan kurs Rp. 9.800 tanpa tiket pesawat promo;

Tiket Jakarta-Singapura                                338.000
Singapore Tourist Pass      $10                        98.000
Makan 3x $3                    $10                        98.000
Hostel                                                         200.000
Belanja oleh-oleh              $30                      294.000
Tiket Singapura-Jakarta                                550.000

Total         Rp. 1.578.000                             


Oia sebagai tambahan, harga tiket masuk dewasa untuk Universal Studios Singapore adalah Rp. 599.000. Sekian list budget rancanganku, jika punya rencana budget lain, silahkan susun sendiri yaa. Semoga manfaat. Happy travelling!

0 komentar:

Posting Komentar