Sabtu, 12 Desember 2015

Sekilas tentang Singapore Tourist Pass

Dari pelabuhan Harborfront singapura, kami mengikuti penunjuk jalan menuju stasiun bawah tanah MRT. Yang ternyata cuma di bawah pelabuhan aja.
Karena ilmu per google an, Aku tau sedikit informasi tentang STP atau kartu ajaib yg "murah" untuk turis-turis hemat seperti kita. Singapore Tourist Pass. Fungsinya adalah untuk naik semua transportasi publik sepuasnya dalam kurun waktu tertentu
sesuai pembelian. Seperti yang tertulis di atas kartu, ada tiga transportasi publik yang bisa diakses dengan STP yaitu bus, MRT dan LRT. Harga kartunya 20$ per orang, berlaku selama 24 jam. Lebih hemat lagi harga @26$ berlaku selama 2x24 jam alias 2 hari.
Perlu diketahui pemirsa, ada sedikit pertengkaran gegara STP ini. Berbekal 50$ singapore, uang di dompetku yang tinggal 10$ lenyap ditelan mesin ticketing karena ketidaktahuanku tentang si STP ini. Wal akhir, abah uring-uringan karena kita gak punya dollar lagi :D
Setelah menghindari kemarahan Abah, aku menuju palang pintu portal MRT, mendekati bapak-bapak penjaga, yang tersenyum ramah. Lalu aku menceritakan keluh kesahku (yaelah), apakah STP ini langsung bisa digunakan,apakah uang 10$ yang tertelan bisa kembali, kalau bisa gimana caranya, dan naek kereta apa menuju Merlion Park. Bapakitu dengan gamblang menjawab dalam bahasa inggris. Pada dasarnya, harga nominal STP per hari adalah 10$, yang akan dikembalikan 10$ nya ketika kartu dikembalikan di ticket office setiap stasiun, termasuk refund uang yang tertelan itu. Lalu bapak baik hati itu memberiku sebuah peta MRT dan melingkari dengan pulpen merah stasiun Raffles Place. Aku berterimakasih sambil berpamitan, menempelkan STP di palang portal dan masuk. Abah yang mengamati dari jauh akhirnya mendekat.
"Abah bisa masuk juga kan?" Sambil menahan tawa, aku mengangguk pasti.
Tak apalah katrok sementara. Jadi tahu apa yang sebelumnya tak tahu... tanpa uang sepeserpun, kami dengan enjoy menuju China town dan Bugis Street. Setelah sedikit perang dingin. :)
*ini sedikit gambaran suasana di dalam SMRT. Efisien dan selalu ramai peminat.

0 komentar:

Posting Komentar