Rabu, 21 November 2018

Cerita Persalinanku di momen agustusan

Part I

Pagi itu aku bangun dengan mata sembab, 16 juli 2018 suamiku harus pergi ke jakarta selama 4 minggu dengan meninggalkanku yang sedang hamil 9 bulan (36 minggu, HPL 8-8-18). Dengan perasaan tidak karuan, 'Gimana kalo maju banget dari HPL (Hari Perkiraan Lahir), gimana kalo ntar malem lahirannya coba?'
Kemarin untuk memastikan kesehatan kakak, kita nengokin via USG dr. Rita, dan semua dalam kondisi prima kecuali kata dokternya ukuran janin yang hanya 2,3 kg terlalu kecil untuk usia kehamilan 36 minggu.

Mbak nggak doyan makan ya? Janinnya terlalu kecil. makan yang banyak biar berat janin nambah!

Perasaan sampe detik ini, selama hamil aku blang bleng semua makanan masuk, apalagi aku nggak ngalamin yang namanya mual muntah. aku hampir selalu makan apapun makan yang ada di hadapanku.. kok bisa ya masih kecil aja😢

udah baper mau ditinggal suami, tambah baper pula dibilangin janin kecil. Lalu curhatlah aku ke bumer.. dan apa kata bumerku tercantik tercinta?

Gak usah khawatir nok, dokter kadang suka sok tau. Gapapa kecil di dalem, yang penting ntar besarnya di luar. yang penting nggak BBLR (Berat Badan Lahir Rendah)
I love u pull momm❤baperku hari itu berkurang satu

Sore itu Aku bersikeras mengantar suami ke stasiun walopun bumer melarang. Niatku cuma biar dapat sedikit ketenangan batin dalam perjalanan mengantar (pokoknya masih pengen nggandeng bojo haha). Lalu berangkatlah kita ke stasiun naik grab car. Anehnya, sampai stasiun aku cuma dadadada ke bojo dan nggak mewek sama sekali seperti semalam! Pulang dari stasiun pun aku sempet mampir ke toko buku di pasar weleri wkwkwkwk.

Setiap hari selama ditinggal bojo, hari berlalu dengan cepat, dan setiap ada waktu sendiri, aku selalu mengajak ngobrol kakak di perut, 'Kak, yang sabar dulu ya di perut umi... keluarnya nunggu abi aja selesai urusan di jakarta. oke?' gitu aja terus setiap inget.

selama berminggu-minggu topik video call an ku dan bojo selalu sama: gimana yang, udah ada mules belum? aku belum merasakan adanya tanda-tanda lahiran seperti yang disampaikan dokter obsgyn...

Sebulan tak terasa berlalu, datanglah bulan Agustus. Tugas mas bojo di jakarta telah usai, dan tanggal 11 Agustus pagi datanglah my favorit doula ke kota kami. Alhamdulillah.. masih sempet ngelus-ngelus manja perutku yg hamil tua iniii... 😍😘😘

Gimana yang, udah ada tanda-tanda belum hari ini? Aku hanya bisa menggeleng, lalu memperlihatkan sebuah artikel.
Gimana yang? ayo induksi alami aja, kataku sambil mengerlingkan mata😉
Pagi itu kita sibuk berdua di kamar hahaha (googling ya, induksi alami apa aja wkwk)

jam 10 pagi ada telepon masuk dari bidanku, menanyakan keadaanku. ketika tahu fakta bahwa aku sudah lewat HPL 3 hari, akupun dikasih rujukan untuk USG. Karena tanggal 11 hari sabtu, rujukannya baru bisa kupake periksa ke poli kandungan hari seninnya. Semoga aja udah lahir sebelum senin! aamiin

aku mengeluh ke umiku, kenapa kok gak lahir-lahir, sambil minta maaf atas semua kesalahanku selama ini (sapa tau itu yg bikin gak mules2 kan ya).

Sudah umi maafkan sebelum Ica minta maaf kok. sekarang diajakin omong lagi, abi nya udah pulang, sekarang boleh keluar.. eeeh jangan dulu deng! umi masih ngurusin jalan sehat kampung, doorprize di rumah semua. repot kalo lahirannya waktu itu. besok ikut jalan sehat kampung dulu biar dapet doorprize yo

bayanginnya udah kayak sinetron indosiar,.ternyata umiku malah jawabnya koplak gitu 😁😱
oke fix nak, besok kita jalan sehat dulu ya.. abis itu lahirnya..

Ahad, 12 Agustus 2018 pagi
Rumahku 4 tahun terakhir selalu jadi tempat transit hadiah doorprize jalan sehat agustusan. Pagi ini kado-kado hadiah dari banyak tetangga memenuhi rumah. otomatis rumah berantakan. Pagi ini aku tetap ikut jalan sehat dengan harap-harap cemas... maklum per 12 agustus ini, usia kandungan sudah +4 hari dari HPL. Hampir semua tetangga yang berpapasan denganku menanyakan hal yg sama, mbak masih kuat nggak? aku hanya tersenyum dan lanjut jalan digandeng bojo. Karena terengah-engah, di tengah jalan kita berhenti di indo**** buat makan es krim 😂😂
dan bumil hamil tua ini akhirnya kuat sampe garis finish, pemirsahhh... 👏👏👏

Sesampainya di garis finish (depan rumah), kita langsung disodorin nasi bungkus dan air mineral. Karena pake acara mampir2, pengundian doorprize udah mulai. 10 menit kemudian, nomor suami dipanggil, Alhamdulillah dapet buku satu pack. Tibalah pada undian hadiah utama, kita udah nggak terlalu ngarep karena selama ini gak pernah hadiah utama... ternyata nomerku yg kebaca! mas bojo ke depan lg buat ambil doorprize kompor gas. oke kakak, fix kamu cewek banget. belum lahir aja dapet kompor gas haha

Tak selang berapa lama setelah jalan sehat, Abah, umi, aku dan bojo tepar semua alias ketiduran. Tepat jam 10 pagi, aku terbangun oleh suara notifikasi wa dari bumer.

nok, segera minta maaf ke umi. siapa tau bisa mempermudah jalan lahirnya..

iya mom...

ada sensasi aneh di bawah perut, sepertinya mules, tapi tidak sakit, refleks aku menyentuh kemaluan dan... ada darah Alhamdulillah... lupa basuh tangan, aku langsung kasih tau mas bojo, yang kayanya mau lahiran! Aku lari ke kamar ortu. Mi, kayaknya mau lahiran!
serumah heboh gara2 aku bilang gitu.. hahaha

gimana kelanjutan ceritanya? tunggu di part 2 ya. si bayik takutnya kebangun wkwk (ini nulisnya si bayik udah lahir dengan sehat, sekarang usianya dah 3 bulan 1 minggu).😍

0 komentar:

Posting Komentar