Rabu, 25 Mei 2016

Yang menyejukkan pandangan

"Kau mempunyai wajah yang menyenangkan, ina..." seseorang memuji Ina setelah kelas mendongeng nya usai. "Enggak ngebosenin melihatmu sepanjang waktu. Aku sering mengikuti kelasmu dan tak terasa aku sudah mengikuti kelasmu hingga selesai...

"Kau juga pandai bercerita, seperti ibumu, yang pandai mendongeng dengan selentingan-selentingan yang cerdas dan lucu," lanjutnya.
"Juga pendengar yang baik. Tahu kapan harus bicara dan kapan harus mendengarkan.
Dan pada satu waktu, ketika aku harus menggambarkan sosokmu dalam satu kalimat saja, kau adalah sesuatu yang menyejukkan pandangan..."

Aku terperanjat mendengar pujian pamungkas ini. Entah ini pujian atau sekedar ujian. Aku tak tahu harus berkata apa. Kau tahu, semua ini adalah ciptaan Tuhan yang dititipkan sementara. Entah akan selalu menyejukkan pandangan atau berubah merusak pandangan, ada ditangan manusia yang dititipi.

Tahukah kau,
Terkadang, pujian adalah bentuk lain dari ujian, bukan?

0 komentar:

Posting Komentar